Decorated White Christmas Tree

Tips memilih Jurusan di suatu UNIVERSITAS

Senin, 07 November 2011
Jurusan kuliah bukanlah hal yang sepele dan harus kita pikirkan dengan matang. Ada banyak sekali faktor yang harus kita pertimbangkan. Jika kita memilih jurusan kuliah seenaknya tanpa memikirkan pengaruhnya, maka banyak sekali hal yang bisa terjadi, mulai dari ketidaksesuaian jurusan dengan minat dan bakat kita, sampai dikeluarkan dari kampus karena kita tidak bisa mengikuti perkuliahan. Jadi, pemilihan jurusan kuliah harus dipertimbangkan sedini mungkin, karena hal tersebut adalah masa depan kita. Berikut ini adalah beberapa tips mengenai pemilihan jurusan di Perguruan Tinggi.
( Info tentang PRODI MATEMATIKA UNPAR silahkan klik disini


1. Sesuaikan Jurusan dengan Cita-Cita, Minat, dan Bakat
Bagi Anda yang sudah mempunyai cita-cita tertentu, maka lihatlah jurusan apa yang dapat menjadi jembatan bagi Anda untuk mencapai profesi tersebut. Janganlah anda memilih jurusan kedokteran jika Anda ingin menjadi guru dan jangan pula memilih jurusan pertanian jika bercita-cita menjadi polisi.
Jika Anda masih bingung 'Aduh ntar mau kuliah di jurusan apa ya ?'. Sesuaikan dengan minat dan bakat yang Anda punya. Misalnya, Anda suka pelajaran Matematika atau Fisika, mungkin Anda bisa pilih jurusan teknik atau keguruan. Sekali lagi, pilihlah jurusan sesuai dengan apa yang Anda sukai. Jangan pikirin dulu, 'Aduh saya mau masuk teknik tapi gak pinter fisika matem nih, gimana ya ?'. Kalau menurut saya, kalo kita suka Insya Allah nantinya kita pasti sanggup dan bisa.
Oh ya, kalo kalian masih bingung juga, mungkin dengan nyoba test psikologi/ test minat dan bakat bisa membantu lho :)
Satu lagi, kalo kamu sudah benar-benar yakin, tidak usah terlalu dipikirkan omongan teman ataupun orang lain yang mungkin ada yang mematahkan semangatmu untuk masuk jurusan yang kamu pengen. Inget lho, kamu lah yang paling ngerti siapa diri kamu, apa yang kamu suka, lagian yang mau kuliah kan kamu bukan orang lain.

2. Cari Informasi sebanyak-banyaknya
Cari informasi yang banyak seputar kampus dan jurusan yang Anda inginkan sebagai bahan pertimbangan. Kalian bisa cari di internet, atau mungkin tanya dengan orang tua, kakak, saudara, guru, teman, tetangga, kakak kelas, bimbel, dan sebagainya. Jangan mudah terpengaruh dengan orang lain yang kurang menguasai informasi ya !

3. Lokasi dan Biaya
Untuk orang yang termasuk kalangan ekonomi menengah ke atas, mungkin soal biaya bukan menjadi masalah besar. Biaya kuliah, tempat tinggal, biaya hidup, dan biaya lainnya, semuanya bisa diselesaikan dengan mudah. Namun, bagi masyarakat golongan menengah ke bawah, masalah lokasi dan biaya patut diperhitungkan.

Jika dana yang dimiliki terbatas, pilihlah lokasi kuliah yang dekat dengan tempat tinggal atau luar kota dengan biaya hidup yang tidak terlalu tinggi. Pilih juga tempat kuliah dengan biaya yang terjangkau. Jika dana masih belum cukup, carilah beasiswa atau kerja part-time.

4. Daya Tampung Jurusan / Peluang Diterima
Perhatikan daya tampung suatu jurusan di PTN dan PTS favorit. Jurusan favorit umumnya memiliki kuantitas yang terbatas dan diperebutkan oleh banyak orang dari seluruh penjuru negeri. Jangan terlalu membebani diri Anda dengan target untuk berkuliah di tempat tertentu dengan jurusan tertentu yang favorit. Anda bisa stress jika kehendak anda tidak terpenuhi. Buat banyak pertimbangan, misalnya dengan memilih tempat kuliah yang lain dengan jurusan dan kualitas yang sama, serta daya tampung lebih besar.
Ukurlah kemampuan kita, sejauh mana peluang kita untuk mendapat kursi di jurusan favorit. Adanya seleksi massal seperti SNMPTN harus dipersiapkan dengan matang. Pelajari tipe soal seleksi dan ikutilah tryout.



5. Masa Depan Karir dan Pekerjaan
Pada intinya setelah menyelesaikan masa perkuliahan, selanjutnya kita akan bekerja kan ? Pertimbangkanlah. Apakah jurusan yang akan Anda memiliki prospek yang baik dan nantinya bisa mengantar Anda untuk mendapatkan pekerjaan karir yang baik ? Banyak sarjana yang hanya menganggur setelah lulus kuliah. Hal ini disebabkan sekarang rekrutmen tenaga kerja tidak hanya dilihat dari latar belakang pendidikan saja, tetapi juga pengalaman. Namun, jika anda memiliki keberanian, kemampuan, dan berkompeten dibidang Anda, maka jurusan apapun yang Anda ambil sah-sah saja. 
Jangan terlalu terpengaruh dengan campur tangan orang lain, karena diri Anda sendirilah yang lebih mengerti siapa Anda sebenarnya. Biarkanlah hati dan akal sehat Anda yang berbicara. Jangan lupa konsultasikan dengan orang tua Anda. 
Mudah-mudahan tips ini bisa berguna bagi Anda. Selamat berjuang !


disadur dari : http://golek-ngerti.blogspot.com/2010/03/tips-memilih-jurusan-di-universitas.html (dengan sedikit perubahan)

0 komentar:

Posting Komentar

 
© Matematika itu Mudah(MM) | Designed by Blogger Templates.